Home » , , , » 5 Tanda Interview Kerja Gagal

5 Tanda Interview Kerja Gagal

5 Tanda Interview Kerja Gagal-Setelah  selesai interview kerja, Mungkin timbul fikiran apakah interview tersebut berhasil dan berjalan dengan baik. Mungkin anda sudah merasa telah menjawab seluruh pertanyaan dengan baik?.

Terkadang pewawancara menggunakan bahasa tubuh yang menjelaskan apakah interview  berjalan dengan baik atau tidak, hal ini perlu kita pelajari. Jika anda menyadari bahwa interview kerja anda ternyata berjalan tidak baik, anda dapat menyelamatkannya sebelum benar-benar gagal.
Interview
  1. Tanda Interview Kerja Gagal - Waktu Interview terlalu singkat 

    Umumnya sesi interview berlangsung sekitar 30 menit. Interview kerja yang baik umumnya berdurasi lebih lama dari itu, karena artinya pewawancara tertarik pada anda dan mempergunakan waktu untuk interview untuk mengenal lebih jauh tentang anda, untuk bahan pertimbangan. Apabila interview anda berlangsung kurang dari 15 menit, itu tandanya anda perlu waspada. Tanda yang lain yaitu bila pewawancara mulai terlihat bosan atau bergelagat seperti ingin buru-buru ingin menyelesaikan proses interview kerja. Pada saat anda merasa pewawancara tidak terlihat terkesan dan mulai bosan, anda dapat mencoba menyelamatkan interview kerja dengan menyanyakan beberapa pertanyaan untuk memperlihatkan anda tertarik dan antusias atas posisi tersebut. Buatlah daftar beberapa pertanyaan yang bisa ditanyakan sebelum proses interview kerja dan hal ini dapat mencerminkan profesionalitas kerja anda, bukan hanya sekedar basa-basi.
  2. Tanda Interview Kerja Gagal - Keahlian anda sama sekali tidak dibahas 

    Jika pewawancara sama sekali tidak menyinggung keahlian anda, dan hanya membahas obrolan ringan mengenai perusahaan tersebut, hal itu menjadi salah satu pertanda bahwa pewawancara tidak begitu tertarik dengan anda.Jika menemui hal demikian tidak perlu panik, karena belum tentu interview anda gagal. Anda dapat mencoba menanyakan mengenai posisi yang anda lamar. Penting sekali anda harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai posisi yang anda incar sebelum proses wawancara kerja dimulai, sehingga jika anda balik ditanya, jawaban yang anda berikan relevan dengan pertanyaannya.
  3. Tanda Interview Kerja Gagal-Pewawancara Tertarik Dengan Prestasi Anda 

    Jika pewawancaara terlihat tidak tertarik dan tidak merespon setelah anda menjelaskan tentang prestasi anda, itu bisa jadi pertanda jelas bahwa pewawancara tidak tertarik dengan anda.Anda dapat memperbaiki proses interview dengan cara memerhatikan intonasi serta nada anda saat menjawab pertanyaan. Anda harus memiliki kepercayaan diri yang ketika menjawab setiap pertanyaan. Pewawancara akan menyadari jika kualitas jawaban anda membaik dan berinteraksi  kearah yang positif.
  4. Tanda Interview Kerja Gagal - Pewawancara Susah Senyum 

    Jika anda tidak mendapat senyuman dari pewawancara selama proses interview, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan akan semakin kecil. Senyuman pewaancara merupakan pertanda bahwa dia senang berbicara dengan anda.Tetap sopan dan ramah terhadap pewawancara, tak perdulikan persaan jengkel anda terhadapnya. Tetap jawab pertanyaan dengan sebaik mungkin dan tetaplah antusias terhadap pertanyaan yang dilontarkan, sehingga pewawancara akan melihat anda sebagai seorang yang sopan serta berfikiran terbuka.
  5. Tanda Interview Kerja Gagal - Interview Seperti Interogasi 

    Interview kerja seharusnya lebih seperti percakapan dan tanya-jawab antara anda dan pewawancara. Jika interview tersebut terasa berat sebelah di sisi anda dan anda merasa seperti sedang diinterogasi aparat berwenang, itu merupakan tanda bahwa wawancara kerja  berlangsung tidak baik. Jika anda merasa seperti diinterogasi, hadapi dengan tenang. Jawab pertanyaan dengan. Tanyakan topik yang relevan kepada pewawancara agar proses wawancara kerja tidak berlangsung hanya satu arah.

 


7 komentar:

  1. jadi perlu juga diketahui tanda interview kerja gagal ni mas, soalnya saya mau coba ni diperusahan IT

    ReplyDelete
  2. Ini tips yg ane cari gan. Maksh ya langsung ane praktrkin

    ReplyDelete
  3. Saya pernah melamar kerja di slh satu agen pencari kerja terkenal di jakarta selatan, sy sangat aneh sampai detik ini dan pertanyaannya pun msh terngiang hingga skrg, Ibu X (interviewer) malah 80% lebih menanyakan seputar pekerjaan suami sy sampai detail. Sy sngt tersinggung krn sy yg melamar kerja, knp yg ditanya ttg suami sy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya sebaiknya tidak menggunakan Agen/Yayasan walaupun terkenal tetap saja pihak pekerja dirugikan.

      Delete