Home » , » Tips Diterima Kerja Via Jobstreet (Sudut pandang Perekrut/Perusahaan)

Tips Diterima Kerja Via Jobstreet (Sudut pandang Perekrut/Perusahaan)

Tips Diterima Kerja Via Jobstreet (Sudut pandang Perekrut/Perusahaan)– berbekal pengalaman saya sebagai HRD di perusahaan yang kebetulan menggunakan portal pencari kerja  jobstreet.com, untuk perusahaan yang menggunakan situs ini sudah pasti akan juga menggunakan paket sistem SIVA yang berfungsi untuk mengontrol proses pelamar kerja yang masuk.

Yang tidak diketahui oleh umum adalah system SIVA ini menyaring pelamar dengan berbagai kategori indikator yang diinginkan oleh perekrut, dan dalam satu kali posting posisi bisa ratusan pelamar yang masuk ke sistem SIVA ini, anda bisa membayangkan betapa ketatnya persaingan dalam satu posisi yang anda lamar.

Tentunya Jobstreet sendiri sudah menerbitkan artikel yang terkait hal ini, namun pada kesempatan ini saya mencoba menjelaskan dari sudut pandang Perusahaan (Perekrut)  bagaimana cara agar anda mempunyai kesempatan lebih besar agar dapat diterima oleh perusahaan yang anda lamar dengan membaca artikel Tips Diterima Kerja Via Jobstreet ini.

Baca Juga:
 
Sekilas SIVA

Apa itu SIVA ? bagi anda pelamar tentu tidak perlu memusingkan mengenai SIVA ini, namun bagi HRD Recruitment yang menggunakan Jobstreet tentu SIVA sudah tidak asing lagi. Secara garis besar SIVA adalah suatu system rekrutment yang disediakan oleh Jobstreet untuk perusahaan yang menggunakan jasa mereka dalam mencari kandidat.



SIVA Lina Jobstreet

Sebagai contoh didalam  system SIVA dari gambar diatas dapat dilihat Posisi yang pernah saya Publish di Jobstreet (untuk kerahasian sebagian data saya Sensor) kita ambil contoh Lowongan Posisi Design Grafis.

SIVA Lina Jobstreet

Pada gambar diatas dapat dilihat yang belum terproses sebanyak 84 Lamaran (Tanda Panah) dan yang saya lingkari adalah perangkingan otomatis dalam sistem SIVA Jobstreet, tentunya jika pelamar mencapai ratusan bahkan ribuan, apakah anda bisa diposisi rangking 1 atau minimal 10 besar sehingga kesempatan mendapat undangan Interview lebih besar ?.

Dari gambaran diatas saya mencoba menjelaskan Tips Diterima Kerja Via Jobstreet  dan langkah yang harus anda lakukan jika menggunakan Jobstreet sebagai Portal pencari Lowongan Kerja:

Pertama, anda harus mengisi informasi secara detil dan lengkap, seperti  CV, Skill, pengalaman Kerja, besaran gaji yang diminta. Sebaiknya sesuaikan gaji yang diminta dengan range budget perusahaan yang anda akan lamar (anda dapat menggunakan fitur kisaran gaji yang disediakan Jobstreet)

 
Jobstreet

Yang Kedua, anda harus sesuaikan keahlian dan pengalaman yang Anda miliki dengan kriteria yang disyaratkan oleh perusahaan. Contoh, jika perusahaan membutuhkan lulusan Strata 1 (S1) dengan pengalaman kerja minimal 5 tahun, maka Anda yang pengalaman dibawah 5 tahun sebaiknya tidak melamar untuk posisi ini karena system SIVA akan menyaring kesesuaian yang disyaratkan dengan data anda.

Yang Ketiga, cantumkanlah besaran sallary yang Anda harapkan, jangan mencantumkan gaji yang berlebihan dan tidak relevan dengan pengalaman serta pendidikan anda. Sebaiknya ketika anda melamar di Jobsteet sebelum apply lamaran anda juga perlu mengetahui competitor anda yang melamar posisi yang sama, anda dapat melihatya pada fitur “Lihat siapa yang telah melamar”.

Jobstreet

Jobstreet
Dalam contoh diatas terdapat 3 orang pelamar lain dengan Pendidikan, Pengalaman dan Gaji. Dari data tersebut tentu anda dapat mempertimbangkan seberapa berat kompetitor anda.
Keempat, Jobstreet juga mencantumkan fitur “Promosikan Diri Anda (Disarankan)” manfaatkanlah fitur ini dengan sebaik-baiknya karena fitur ini juga akan menjadi Kilasan rekomendasi yang menarik bagi perekrut jika anda mengisinya dengan tepat.

Jobstreet
Jika anda mengisi kolom diatas maka tampilan yang muncul di system SIVA perusahaan adalah seperti gambar dibawah ini.

SIVA Lina Jobstreet

Kesimpulannya adalah semakin sesuai data and dengan kebutuhan perusahaan makas system SIVA akan member peringkat yang baik terhadap anda, hal ini memungkinkan anda aka nada diposisi/halaman pertama sehingga akan semakin besar kesempatan untuk melaju ketahap berikutnya.

Demikian Tips Diterima Kerja Via Jobstreet (Sudut pandang Perekrut/Perusahaan), tips ini hanya membantu anda agar mendapat kesempatan lebih besar untuk dipanggil oleh perusahaan yang anda lamar, namun tidak menjamin anda akan diterima atau tidak hal itu tergantung pada sistem rekruitmen perusahaan yang anda lamar. 

Semoga berhasil


9 komentar:

  1. Terima kasih, sangat membantu..

    ReplyDelete
  2. 2k17, Happy New Year, sir.. Thanks much for this info, really helpful.

    ReplyDelete
  3. Aplikasi lamaran di jobstreet saya, beberapa perusahaan sudah melihat file lamaran lebih dari 1X. Untuk prosentase di panggil ada ga itu mas,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya jika sudah ditandai lebih dari 2 - 3 kali, tidak dipanggil juga, maka kemungkinan tidak akan dipanggil / bisa juga anda dijadikan Cadangan saja jika kandidat utamanya tidak Lulus.

      Delete
  4. Terimakasih tipsnya. Sangat bermanfaat

    ReplyDelete