Home » , » 5 Jenis Wawancara Kerja Yang Wajib Anda Ketahui

5 Jenis Wawancara Kerja Yang Wajib Anda Ketahui

 Jenis Wawancara Kerja Yang Wajib Anda Ketahui

Wawancara Kerja

Wawancara kerja merupakan kegiatan yang harus dilakukan untuk mereka yang ingin mendapatkan pekerjaan sesuai yang diharapkan. Beragam cara yang dapat dilakukan oleh pencari kerja supaya berhasil dalam proses wawancara kerja. dimulai dengan mempelajari sejarah perusahaan sampai dengan mempelajari kemungkinan-kemungkinan jenis pertanyaan yang dilontarkan oleh bagian HRD.

Berikut Jenis Wawancara Kerja yang Perlu Diketahui Pencari Oleh Kerja :

 1. Tipe Tradisional (One-on-One)

Tipe wawancara  kerja seperti ini banyak digunakan dan kemungkinan anda sudah pernah mendengar  dengan tipe ini. Perwakilan perusahaan dan user (yang meminta karyawan) bekerjasama membuat pertanyaan untuk sesi wawancara dengan Anda untuk mengetahui tentang anda.

Pertanyaan yang umumnya digunakan:
“Bisa anda ceritakan tentang  Anda.” Atau “Kenapa Anda tertarik dengan pekerjaan ini?”.

Tip : Anda perlu berlatih wawancara sebelum wawancara sebenarnya terjadi anda dapat melakukan tersebut bersama teman yang dapat dipercaya. Kemudian tanyakan pendapat teman Anda mengenai jawaban Anda tersebut apakah memuaskan atau tidak.

2. Wawancara Berkelompok

Berbeda dengan tipe wawancara sebelumnya, tipe ini Anda akan dipertemukan dengan beberapa pelamar lain yang melamar posisi yang sama. Ini adalah strategi yang digunakan oleh pihak perusahaan pada saat mereka membutuhkan karyawan yang banyak untuk satu posisi. Perusahaan ingin melihat kelebihan masing-masing kandidat dan bagaimana kandidat bekerjasama dalam satu kelompok.

Contoh pertanyaan:
“Sebutkan perbedaan anda dengan kandidat lain?” atau “Jelaskan posisi seperti apa yang cocok untuk Anda  dalam kelompok ini?”.

Tip: Tunjukanlah jika  Anda adalah orang yang sangat berperan penting dalam team dan menjadi kandidat yang aktif untuk semua pertanyaan yang ditujukan untuk grup karena semua itu merupakan bagian dari tes. Tunjukan pada team kemampuan terbaik anda.

3. Wawancara By Phone

Wawancara by phone merupakan cara paling efisien yang sering digunakan oleh banyak perusahaan disaat mencari kandidat yang kesulitan karena terkendala  jarak. Wawancara by phone umumnya digunakan untuk menjaring kandidat diawal sebelum diundang langsung untuk tes.
 
Contoh pertanyaan:
“Apa rencana anda  dalam beberapa tahun kedepan?”
 
Tip: Anda perlu perhatikan kemungkinan masalah jaringan karena akan menjadi masalah besar. cara yang paling baik ketika menjawab pertanyaan tipe wawancara ini adalah dengan tersenyum. Jika anda melamar posisi call centre,  operator telepon dan sales cara ini akan menjadi senjata ampuh agar dapat diterima.  

4. Wawancara dengan Menggunakan Streaming Video

Wawancara menggunakan teknologi informasi menjadi salah satu pilihan yang cukup efisien. Hampir sama denga tipe tradisional, perbedaannya hanya pada teknologi yang digunakan.

ContohPertanyaan:
“Gambarkan lingkungan kerja seperti apa yang mau?” atau “Bagaimana cara anda menghadapi tekanan pekerjaan?”.

Tip:Pilihlah lokasi wawancara ditempat sepi. Gunakan busana yang rapih. Berikaplah seolah-olah pewawancara berada dihadapan anda  secara langsung.
 

5. Studi Kasus

Anda akan dihadapkan dengan sebuah masalah yang harus anda pecahkan. Pewawancara ingin melihat cara Anda dalam menghadapi sebuah masalah dan seberapa besar anda dapat menghadapi tekanan. Hal ini umumnya digunakan untuk bidang perbankan serta pekerjaan konsultan.

Contoh pertanyaan:
“Buatlah sebuah rencana agar Perusahaan ini bisa mendapat laba lebih dari tahun sebelumnya.”

Tip:Rangkumlah masalah dengan sebaik mungkin dan hadirkan solusi yang tepat. Jawaban yang paling disukai untuk jenis pertanyaan ini adalah jika anda membawa solusi yang tepat yang terdiri dari rangkuman dari masalah yang ada.

2 komentar:

  1. sangat relevan dgwawancara kerja fresh graduate yang sedang saya cari2 infonya. makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mbak, terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat

      Delete