Home » , » Penyebab Karyawan Resign (Untuk Boss & Management)

Penyebab Karyawan Resign (Untuk Boss & Management)

Penyebab Karyawan Resign (Untuk Boss & Management)

Resign
Banyak faktor yang dapat menyebabkan karyawan resign. Beberapa alasan mungkin anda tidak dapat mengontrolnya, namun banyak alasan lain yang sebenarnya bisa anda kontrol sebagai bos atau managemen.bagian-bagian dalam sebuah perusahaan, budaya dan lingkungan perusahaan, pandangan karyawan terhadap suatu pekerjaan, dan kesempatan yang diberikan untuk mengembangkan diri merupakan faktor yang dapat anda kontrol sebagai bos.

Jika karyawan anda resign, Kerugian secara finansial akan terjadi diperusahaan anda, tetapi kehilangan seorang karyawan yang berkinerja baik merupakan kerugian yang jauh lebih besar. Karena anda bisa kehilangan hal yang sedang dan telah dikembangkan oleh karyawan tersebut selama bekerja, seperti koneksi yang sudah dibangun, energi dan dedikasinya. Anda harus mengetahui penyebab karyawan resign, sehingga anda dapat melakukan langkah yang tepat sebelum terjadi pengunduran diri secara massal.

Hal Yang Dapat Menyebabkan Karyawan Resign

Baca Juga :
Tanda Harus Segera Ambil Cuti
5 Cara Menghadapi Persaingan/Kompetisi Kerja yang direkomendasikan
5 Tanda Interview Kerja Gagal
3 Cara Menghadapi Musuh /Hatters di Tempat Kerja 

1. Problem  dengan bos atau rekan kerja

Bos dan karyawan harus mempunyai hubungan yang baik. Seorang Bos mempunyai peranan yang sangat besar dalam keseharian karyawannya di kantor, sehingga jika terjadi hubungan yang kurang baik dapat mempengaruhi kinerja karyawan tersebut. Jika Anda pernah mendengar karyawan mengeluh tentang bos mereka (anda selaku atasan), sebaiknya anda segera mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Terlebih lagi jika keluhan tersebut datang dari banyak karyawan.

2. Merasa Bosan dengan pekerjaan yang biasa saja

Tentunya semua orang tidak ingin merasa bosan dengan pekerjaan mereka Jika Anda menemukan karyawan yang merasa bosan dengan pekerjaannya, maka anda harus membantu mereka untuk mencari solusi. Luangkan waktu anda untuk lebih dekat dengan mereka agar mereka merasa dilibatkan, termotivasi, dan tertantang untuk berperan, dan menghasilkan sesuatu, serta mencapai target.

3. Pekerjaan tidak sesuai harapan diawal

Berhati-hatilah dalam menyusun Jobdesk kerja yang akan ditawarkan, perusahaan harus menjelaskan kepada calon pegawai yang potensial tentang tugas-tugas yang akan mereka kerjakan jika diterima bekerja. Hal ini penting untuk menghindari pengunduran diri yang terlalu cepat setelah mereka masuk. Pastikan Jobdesk yang anda tawarkan sesuai dengan kemampuan calon pekerja.
Tekanan dalam bekerja

Banyak perusahaan berbicara tentang pemberdayaan dan kebebasan, namun tidak semudah itu untuk mendapatkan hal tersebut. Anda harus mengupayakan agar mereka mencapai hal tersebut. Ciptakanlah budaya kerja yang bertanggung jawab. Dengan menciptakan budaya bertanggung jawab, secara tidak langsung anda telah menciptakan pemberdayaan ketika karyawan mengetahui dan menjalankan tanggung jawabnya. Jika mereka merasa Tertekan dengan budaya kerja tersebut, maka anda sudah pasti faham bahwa karyawan tersebut tidak kompeten.

4. Kurangnya Loyalitas

Ribuaan orang resign setiap tahun dari tempat mereka bekerja untuk mencari keberuntungan diperusahaan lain. Jika diperhatikan, Kedua belah pihak tidak merasa ada keterikatan. Segera atasi masalah seperti ini dengan mendengarkan karyawan, hal ini menunjukkan bahwa Anda mempunyai rasa peduli serta memerhatikan mereka yang merupakan bagian dari perusahaan. Dengan ada rasa keterikatan karyawan akan mempunyai rasa memiliki dan lebih perduli terhadap perusahaan.

5. Karyawan tidak berkembang

Karyawan akan merasa bangga dan percaya diri serta puas jika mereka dapat menyumbangkan keahlian mereka untuk perusahaan. Dengan begitu mereka dapat meningkatkan keahlian mereka dan berkembang. Jika anda tidak memberi kesempatan itu terhadap mereka, Karyawan akan mencari perusahaan lain yang menawarkan kesempatan tersebut. Perbaiki sistem pengembangan & karir karyawan dan pastikan mereka memiliki kesempatan untuk terus maju berkembang.

6. Perusahaan dirasa tidak stabil

Ketidakstabilan yang disebabkan oleh menurunnya omset penjualan, PHK, Pembayaran gaji bermasalah , banyak karyawan yang resign diri membuat pegawai merasa tidak aman yang dapat mengakibatkan krisis kepercayaan. Perasaan khawatir tersebut dapat membuat pegawai Anda ingin cepat -cepat resign dari perusahaan. Berikan kejelasan tentang kebijakan perusahaan yang akan diambil kedepannya agar perusahaan stabil. Jika karyawan mempercayai manajemen,  kemungkinan mereka tidak akan resign.

0 komentar:

Post a Comment