Home » , » Tips Diterima Kerja dalam Hitungan Menit

Tips Diterima Kerja dalam Hitungan Menit

Kerja
Judulnya sungguh bombastis bukan Tips Diterima Kerja  dalam Hitungan Menit, yang dimaksud Hitungan menit adalah luangkan waktu anda untuk membaca tips berikut beberapa menit. Langkah awal agar berhasil mendapatkan pekerjaan adalah dimulai dari membuat CV anda agar mendapat perhatian dari  HRD. CV yang anda kirimkan ke perusahaan harus dapat menggambarkan bahwa anda adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut. Tidak hanya CV, surat lamaran , cara berinteraksi saat diwawancara, sampai hobi pribadi anda pun akan menjadi pertimbangan pihak perusahaan dalam merekrut karyawan. 

Tips Diterima Kerja dalam Hitungan Menit

Baca Juga : 
5 Cara Menghadapi Persaingan/Kompetisi Kerja yang direkomendasikan
3 Cara Menghadapi Musuh /Hatters di Tempat Kerja
5 Tanda Interview Kerja Gagal
5 Tanda Anda Harus Segera Ambil Cuti

Curiculum Vitae-Step pertama yang menentukan

Perlu anda tahu puluhan atau bahkan ratusan CV yang masuk ke bagian HRD pada saat proses perekrutan, dan HRD hanya akan melihatnya dalam waktu beberapa detik saja, setidaknya itulah pengalaman pribadi saya dibagian HRD. Langkah pertama untuk mempromosikan diri anda adalah melalui surat lamaran dan CV yang anda kirimkan. Upayakan untuk membuat kedua dokumen ini terlihat baik dan profesional yaitu dengan cara menggambarkan secara rinci riwayat pekerjaan anda, kemampuan yang anda miliki, dan kualifikasi yang sesuai kriteria lowongan. Tingkatkan kesempatan anda untuk dipanggil ke tahap berikutnya dengan cara membuat CV yang sesuai dengan kualifikasi lowongan kerja yang ditawarkan. Surat lamaran kerja dipergunakan untuk membantu anda menjelaskan secara jelas apa yang telah anda tulis di CV.
 

Penampilan Saat Wawancara

Kesan pertama akan sangat menentukan pada saat wawancara kerja. Salah menggunakan pakaian atau pakaian anda tidak rapi akan memperngaruhi penilaian  pewawancara terhadap anda hanya dalam hitunga detik saja. Perhatikan hal-hal berikut agar wawancara berjalan dengan lancar.

Sepatu

Gunakan sepatu yang bersih dan tidak berdebu atau kotor. Pilih warna hitam atau warna yang netral seperti abu-abu atau bisa juga biru dongker. Untuk kaum pria, usahakan untuk menggunakan sepatu yang senada dengan warna keseluruhan pakaian anda. Sedangkan untuk para wanita, gunakanlah sepatu yang menutupi jari kaki dan apabila anda memutuskan untuk menggunakan sepatu berhak, pilihlah yang tingginya tidak lebih dari 3 inci agar tidak sulit untuk berjalan.

Perhiasan

Pria sebaiknya cukup  memakai jam tangan atau cincin pernikahan sebagai perhiasan. Sedangkan untuk wanita usahakan untuk tidak berlebihan dalam menggunkan perhiasan. Anting, jam tangan, serta kalung sudah cukup.

Pakaian

Pakaian yang berkerah mempunyai efek yang dapat meningkatkan percaya diri. Apalagi jika pakaian tersebut dipadu padankan dengan setelan blazer yang cocok. Hindari menggunakan blazer berwarna gelap seperti hitam yang dapat memberikan efek terlalu serius. Sebagai pilihan alternatif gunakan warna gelap yang lainnya seperti abu-abu atau biru dongker. Perhatikan juga kerapian pakaian yang anda kenakan. Jangan sampai kusut ataupun kotor.

Tingkah laku

Perhatikanlah segala tingkah laku anda saat wwancara, sekecil apa pun yang anda lakukan, seperti gaya berbicara di telepon dengan staf recruitment, bagaimana pada saat kamu untuk pertama kalinya datang di kantor yang anda lamar, hingga bagaimana cara berjabat tangan dengan pewawancara. Hal sederhana yang kelihatannya tidak begitu penting ternyata sangat bisa menambah atau mengurangi penilaian terhadap anda.

0 komentar:

Post a Comment