Home » » Kuliah Sambil Bekerja Apakah Mungkin?

Kuliah Sambil Bekerja Apakah Mungkin?

Kuliah Sambil Bekerja Apakah Mungkin?-Terkadang kita hampir tidak mempunyai waktu untuk mengerjakan kegiatan lain karena waktu kita habis untuk bekerja setiap hari. Mungkin untuk anda yang fresh graduate dan baru kerja pertama kalinya tentus saja tahap berikutnya akan lebih menantang dibanding ketika anda masih kuliah.

Bekerja
Pada tahap awal bekerja banyak sekali hal-hal yang mungkin masih asing yang  belum anda ketahui, untuk itu,adaptasi dilingkungan kerja sangat penting. Seperti  adaptasi dalam hal tingkah laku, cara bekerja, pola berfikir, penerapan nilai kehidupan, sampai adaptasi dalam menentukan tujuan. Semuanya akan terasa sulit pada awalnya, dan banyak yang mengalami depresi karena proses adaptasi tersebut, tetapi anda tidak perlu khawatir, karena stres dapat memacu adrenalin yang  menyebabkan Anda dapat bekerja lebih keras lagi. Artinya, stres membuat akan membuat Anda selangkah lebih maju. Namun banyak yang merasakan gagal yang pada akhirnya memutuskan untuk mengubah arah dengan mencari lain. Tentunya semua pilihan anda yang menentukan.

Setiap harinya anda mengerjakan rutinitas kerja yang begitu padat,sangat wajar jika anda berfikiran pengetahuan yang anda dapatkan saat kuliah tidak begitu berguna dalam pekerjaan anda. dengan rutinitas yang anda otak anda menjadi tidak terasah dan tumpul.
 
Apakah anda pernah  berfikir untuk kembali mengasah  keterampilan dan otak anda sambil anda bekerja sama halnya ketika anda berkuliah. Beberapa orang munkin berfikir tidak akan sempat. Waktu anda habis hanya untuk bekerja apalagi kalau anda harus kuliah. Banyak sekali program yang ditawarkan untuk Anda yang ingin melanjutkan kuliah tetapi masih bekerja, seperti kuliah pada hari Sabtu dan Minggu, master degsree rutin hari Senin sampai Sabtu, dan masih banyak lagi penawaran lainnya. 

Baca Juga:
5 Tanda Anda Harus Segera Ambil Cuti
5 Tanda Interview Kerja Gagal
3 Cara Menghadapi Musuh /Hatters di Tempat Kerja
5 Cara Menghadapi Persaingan/Kompetisi Kerja yang direkomendasikan


Sebelum anda memutuskan untuk kuliah sambil bekerja anda perlu memikirkan hal-hal berikut ini:

Biaya yang akan anda keluarkan tentu akan banyak. Hitunglah biaya perkuliahan yang akan dikeluarkan,hitungkan juga mengenai biaya transportasi dan makan. Kemudian berhematlah untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

Ketahui birokrasi di perusahaan anda

Jika Anda adalah karyawan yang baru bergabung dengan perusahaaan tersebut, akan lebih baik tunda terlebih dahulu niat anda untuk kuliah karena biasanya perusahaan akan menilai kinerja anda dalam beberapa bulan kedepan, jika anda sering izin untuk kepentingan kuliah, tentu itu hal yang buruk dimata perusahaan.

Atur Waktu

Anda harus pandai dalam hal mengatur waktu antara pekerjaan dengan tugas-tugas kuliah. Rencanakan dan buat jadwal sebaik mungkin. Biasakan di dalam diri anda anda harus terbiasa bekerja keras, karena kuliah adalah sebuah investasi untuk itu jangan sesekali sia-siakan waktu Anda untuk sesuatu yang tidak penting.

Ambil Keputusan

Yakinkan diri Anda bahwa pekerjaan dengan tugas-tugas kuliah dapat diatur sedemikian rupa agar tidak bentrok. Jika anda tidak yakin, sebaiknya Anda segera memutuskan apakah akan tetap bekerja atau kuliah. Keduanya sama pentingnya, jika keputusan akhir anda harus berhenti bekerja untuk menyelesaikan kuliah, maka tidak perlu anda sesali karena kuliah juga adalah aset untuk hidup Anda. Setelah selesai kuliah  kejarlah ketinggalan Anda.  Jika menurut Anda  pekerjaan lebih penting, maka buat keputusan untuk melanjutkan kuliah, terkadang kita tidak bisa melakukan satu pekerjaan secara bersamaan.

0 komentar:

Post a Comment