5 Jenis Wawancara Kerja Yang Wajib Anda Ketahui

 Jenis Wawancara Kerja Yang Wajib Anda Ketahui

Wawancara Kerja

Wawancara kerja merupakan kegiatan yang harus dilakukan untuk mereka yang ingin mendapatkan pekerjaan sesuai yang diharapkan. Beragam cara yang dapat dilakukan oleh pencari kerja supaya berhasil dalam proses wawancara kerja. dimulai dengan mempelajari sejarah perusahaan sampai dengan mempelajari kemungkinan-kemungkinan jenis pertanyaan yang dilontarkan oleh bagian HRD.

Berikut Jenis Wawancara Kerja yang Perlu Diketahui Pencari Oleh Kerja :

 1. Tipe Tradisional (One-on-One)

Tipe wawancara  kerja seperti ini banyak digunakan dan kemungkinan anda sudah pernah mendengar  dengan tipe ini. Perwakilan perusahaan dan user (yang meminta karyawan) bekerjasama membuat pertanyaan untuk sesi wawancara dengan Anda untuk mengetahui tentang anda.

Pertanyaan yang umumnya digunakan:
“Bisa anda ceritakan tentang  Anda.” Atau “Kenapa Anda tertarik dengan pekerjaan ini?”.

Tip : Anda perlu berlatih wawancara sebelum wawancara sebenarnya terjadi anda dapat melakukan tersebut bersama teman yang dapat dipercaya. Kemudian tanyakan pendapat teman Anda mengenai jawaban Anda tersebut apakah memuaskan atau tidak.

2. Wawancara Berkelompok

Berbeda dengan tipe wawancara sebelumnya, tipe ini Anda akan dipertemukan dengan beberapa pelamar lain yang melamar posisi yang sama. Ini adalah strategi yang digunakan oleh pihak perusahaan pada saat mereka membutuhkan karyawan yang banyak untuk satu posisi. Perusahaan ingin melihat kelebihan masing-masing kandidat dan bagaimana kandidat bekerjasama dalam satu kelompok.

Contoh pertanyaan:
“Sebutkan perbedaan anda dengan kandidat lain?” atau “Jelaskan posisi seperti apa yang cocok untuk Anda  dalam kelompok ini?”.

Tip: Tunjukanlah jika  Anda adalah orang yang sangat berperan penting dalam team dan menjadi kandidat yang aktif untuk semua pertanyaan yang ditujukan untuk grup karena semua itu merupakan bagian dari tes. Tunjukan pada team kemampuan terbaik anda.

3. Wawancara By Phone

Wawancara by phone merupakan cara paling efisien yang sering digunakan oleh banyak perusahaan disaat mencari kandidat yang kesulitan karena terkendala  jarak. Wawancara by phone umumnya digunakan untuk menjaring kandidat diawal sebelum diundang langsung untuk tes.
 
Contoh pertanyaan:
“Apa rencana anda  dalam beberapa tahun kedepan?”
 
Tip: Anda perlu perhatikan kemungkinan masalah jaringan karena akan menjadi masalah besar. cara yang paling baik ketika menjawab pertanyaan tipe wawancara ini adalah dengan tersenyum. Jika anda melamar posisi call centre,  operator telepon dan sales cara ini akan menjadi senjata ampuh agar dapat diterima.  

4. Wawancara dengan Menggunakan Streaming Video

Wawancara menggunakan teknologi informasi menjadi salah satu pilihan yang cukup efisien. Hampir sama denga tipe tradisional, perbedaannya hanya pada teknologi yang digunakan.

ContohPertanyaan:
“Gambarkan lingkungan kerja seperti apa yang mau?” atau “Bagaimana cara anda menghadapi tekanan pekerjaan?”.

Tip:Pilihlah lokasi wawancara ditempat sepi. Gunakan busana yang rapih. Berikaplah seolah-olah pewawancara berada dihadapan anda  secara langsung.
 

5. Studi Kasus

Anda akan dihadapkan dengan sebuah masalah yang harus anda pecahkan. Pewawancara ingin melihat cara Anda dalam menghadapi sebuah masalah dan seberapa besar anda dapat menghadapi tekanan. Hal ini umumnya digunakan untuk bidang perbankan serta pekerjaan konsultan.

Contoh pertanyaan:
“Buatlah sebuah rencana agar Perusahaan ini bisa mendapat laba lebih dari tahun sebelumnya.”

Tip:Rangkumlah masalah dengan sebaik mungkin dan hadirkan solusi yang tepat. Jawaban yang paling disukai untuk jenis pertanyaan ini adalah jika anda membawa solusi yang tepat yang terdiri dari rangkuman dari masalah yang ada.

Penyebab Karyawan Resign (Untuk Boss & Management)

Penyebab Karyawan Resign (Untuk Boss & Management)

Resign
Banyak faktor yang dapat menyebabkan karyawan resign. Beberapa alasan mungkin anda tidak dapat mengontrolnya, namun banyak alasan lain yang sebenarnya bisa anda kontrol sebagai bos atau managemen.bagian-bagian dalam sebuah perusahaan, budaya dan lingkungan perusahaan, pandangan karyawan terhadap suatu pekerjaan, dan kesempatan yang diberikan untuk mengembangkan diri merupakan faktor yang dapat anda kontrol sebagai bos.

Jika karyawan anda resign, Kerugian secara finansial akan terjadi diperusahaan anda, tetapi kehilangan seorang karyawan yang berkinerja baik merupakan kerugian yang jauh lebih besar. Karena anda bisa kehilangan hal yang sedang dan telah dikembangkan oleh karyawan tersebut selama bekerja, seperti koneksi yang sudah dibangun, energi dan dedikasinya. Anda harus mengetahui penyebab karyawan resign, sehingga anda dapat melakukan langkah yang tepat sebelum terjadi pengunduran diri secara massal.

Hal Yang Dapat Menyebabkan Karyawan Resign

Baca Juga :
Tanda Harus Segera Ambil Cuti
5 Cara Menghadapi Persaingan/Kompetisi Kerja yang direkomendasikan
5 Tanda Interview Kerja Gagal
3 Cara Menghadapi Musuh /Hatters di Tempat Kerja 

1. Problem  dengan bos atau rekan kerja

Bos dan karyawan harus mempunyai hubungan yang baik. Seorang Bos mempunyai peranan yang sangat besar dalam keseharian karyawannya di kantor, sehingga jika terjadi hubungan yang kurang baik dapat mempengaruhi kinerja karyawan tersebut. Jika Anda pernah mendengar karyawan mengeluh tentang bos mereka (anda selaku atasan), sebaiknya anda segera mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Terlebih lagi jika keluhan tersebut datang dari banyak karyawan.

2. Merasa Bosan dengan pekerjaan yang biasa saja

Tentunya semua orang tidak ingin merasa bosan dengan pekerjaan mereka Jika Anda menemukan karyawan yang merasa bosan dengan pekerjaannya, maka anda harus membantu mereka untuk mencari solusi. Luangkan waktu anda untuk lebih dekat dengan mereka agar mereka merasa dilibatkan, termotivasi, dan tertantang untuk berperan, dan menghasilkan sesuatu, serta mencapai target.

3. Pekerjaan tidak sesuai harapan diawal

Berhati-hatilah dalam menyusun Jobdesk kerja yang akan ditawarkan, perusahaan harus menjelaskan kepada calon pegawai yang potensial tentang tugas-tugas yang akan mereka kerjakan jika diterima bekerja. Hal ini penting untuk menghindari pengunduran diri yang terlalu cepat setelah mereka masuk. Pastikan Jobdesk yang anda tawarkan sesuai dengan kemampuan calon pekerja.
Tekanan dalam bekerja

Banyak perusahaan berbicara tentang pemberdayaan dan kebebasan, namun tidak semudah itu untuk mendapatkan hal tersebut. Anda harus mengupayakan agar mereka mencapai hal tersebut. Ciptakanlah budaya kerja yang bertanggung jawab. Dengan menciptakan budaya bertanggung jawab, secara tidak langsung anda telah menciptakan pemberdayaan ketika karyawan mengetahui dan menjalankan tanggung jawabnya. Jika mereka merasa Tertekan dengan budaya kerja tersebut, maka anda sudah pasti faham bahwa karyawan tersebut tidak kompeten.

4. Kurangnya Loyalitas

Ribuaan orang resign setiap tahun dari tempat mereka bekerja untuk mencari keberuntungan diperusahaan lain. Jika diperhatikan, Kedua belah pihak tidak merasa ada keterikatan. Segera atasi masalah seperti ini dengan mendengarkan karyawan, hal ini menunjukkan bahwa Anda mempunyai rasa peduli serta memerhatikan mereka yang merupakan bagian dari perusahaan. Dengan ada rasa keterikatan karyawan akan mempunyai rasa memiliki dan lebih perduli terhadap perusahaan.

5. Karyawan tidak berkembang

Karyawan akan merasa bangga dan percaya diri serta puas jika mereka dapat menyumbangkan keahlian mereka untuk perusahaan. Dengan begitu mereka dapat meningkatkan keahlian mereka dan berkembang. Jika anda tidak memberi kesempatan itu terhadap mereka, Karyawan akan mencari perusahaan lain yang menawarkan kesempatan tersebut. Perbaiki sistem pengembangan & karir karyawan dan pastikan mereka memiliki kesempatan untuk terus maju berkembang.

6. Perusahaan dirasa tidak stabil

Ketidakstabilan yang disebabkan oleh menurunnya omset penjualan, PHK, Pembayaran gaji bermasalah , banyak karyawan yang resign diri membuat pegawai merasa tidak aman yang dapat mengakibatkan krisis kepercayaan. Perasaan khawatir tersebut dapat membuat pegawai Anda ingin cepat -cepat resign dari perusahaan. Berikan kejelasan tentang kebijakan perusahaan yang akan diambil kedepannya agar perusahaan stabil. Jika karyawan mempercayai manajemen,  kemungkinan mereka tidak akan resign.

Cara Negosiasi Gaji Saat Interview

Cara Negosiasi Gaji Saat Interview-

Gaji merupakan hal yang paling mendasar dan sensitif untuk dibicarakan setelah kita selesai pada tahap wawancara kerja. Pastikan Anda siap secara  fisik dan juga mental agar dapat melewati tahap ini. Jika Anda berharap mendapatkan gaji yang lebih tinggi dari pekerjaan anda sebelumnya, maka anda perlu berkomunikasi tersebut dengan baik.

Nego Gaji
Tidak perlu panik ataupun gugup. Dilansir dari Business Insider, nego gaji adalah kunci untuk memperoleh bayaran yang lebih tinggi saat interview.  Jim Hopkinson, dalam buku “Salary Tutor: Learn the Salary Negotiation Secrets No One Ever Taught You” merekomendasikan  cara agar mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Berikut Lima cara agar cepat naik gaji versi Hopkinson saat interview:  

Baca Juga:
Cara Menghadapi Musuh  Kerja
Tanda Harus Segera Cuti
Cara Menghadapi Persaingan Kerja
Tanda Interview Kerja Gagal 

1. Jangan terburu-buru membicarakan masalah gaji, sampai Anda merasa pewawancara membutuhkan Anda untuk dapat bekerja di sana. Itu artinya anda harus menghindari untuk menanyakan masalah gaji saat melamar kerja dan selama sesi interview. 

2. Jangan pernah anda membuka pembicaran mengenai gaji terlebih dulu, biarkan pewawancara untuk memulainya. 

3. Saat pewawancara bertanya mengenai  gaji yang anda minta, gunakanlah metode tarik ulur sehingga Anda memperoleh bayaran Anda sesuai target.

4. Pergunakan jeda efektif saat wawancara, karena kebanyakan orang mempunyai kecenderungan berbicara untuk mengisi kekosongan tersebut dan bisa membicarakan informasi penting, khususnya mengenai gaji Anda.

5. Fikirkan hal yang penting lainnya seperti tunjangan. Ingatlah keuntungan lain yang bisa anda dapatkan dari pekerjaan baru seperti mendapatkan jabatan yang lebih baik dari sebelumnya, waktu kerja yang tidak ketat, lebih banyak bonus, jaminan pendidikan dan kesehatan dan lain-lain. Yang perlu anda ingat, nego gaji di awal pekerjaan merupakan hal yang sangat penting. Karena akan mempengaruhi pendapatan Anda dimasa yang akan datang.

Prosedur Pendaftaran BPJS Kesehatan Untuk Karyawan atau Pekerja Penerima Upah

Prosedur Pendaftaran BPJS Kesehatan Untuk Karyawan atau Pekerja Penerima Upah Non Pegawai Pemerintah: 

Perusahaan swasta diwajibkan untuk mendaftarkan semua karyawannya menjadi peserta Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Berdasarkan Undang-Undang No 24 tahun 2011 tentang BPJS. Bagi perusahaan yang tidak mengikuti aturan ini akan dikenakan sanksi berupa pencabutan izin usaha, tidak bisa mengikuti tender proyek serta tidak dapat mengurus SIM, KTP dan paspor.

Adapun prosedur pendaftaran BPJS Kesehatan Untuk Karyawan adalah sebagai berikut:

Baca juga
5 Cara Menghadapi Persaingan/Kompetisi Kerja yang direkomendasikan
5 Tanda Interview Kerja Gagal
3 Cara Menghadapi Musuh /Hatters di Tempat Kerja
Kuliah Sambil Bekerja Apakah Mungkin?

  • Perusahaan melakukan pendaftaran dengan datang  ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat menuju bagian Registrasi Badan Usaha : Isi Formulir Pemas 4, lampirkan juga, NPWP, SIUP, Akte Pendirian Perusahaan semua foto copy, Surat Kuasa Perusahaan.
  • Kantor Cabang BPJS kemudian memroses registrasi kepesertaan dan memberikan Virtual Account  e-Dabu dengan alamat https://new-edabu.bpjs-kesehatan.go.id/new, dan mendapatkan username & password.
  • Perusahaan melakukan pendaftaran pekerja beserta anggota keluarganya  melalui dua cara yaitu dengan menggunakan Format Migrasi (untuk pendaftaran sekaligus) atau Dengan cara upload satu persatu melalui menu Tambah Peserta di new-edabu
Format Migrasi BPJS Kesehatan
Format Migrasi BPJS Kesehatan
    Format Upload eDabu
    Format Upload eDabu
  • Jika seluruh Pekerja dan Anggota keluarganya sudah didaftarkan melalui e-Dabu, perusahaan datang kembali ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan untuk mendapatkan Virtual Account E-ID yang berfungsi untuk mendapatkan Tagihan Bulanan dan cetak kartu di http://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-admin 
    E-ID
    E-ID

Perusahaan mendownload tagihan iuran melalui E-ID dan melakukan pembayaran melalui Bank Mandiri/ BNI/ BRI sesua Virtual Account yang sudah diberikan. 
Setelah pembayaran dilakukan maka kartu E-ID dapat segera di cetak oleh perusahaan melalui system E-ID.

Sesuai dengan Perpres 111/2013, ketentuan jumlah iuran pekerja penerima upah non pemerintah berikut ini:
Jumlah iuran BPJS Kesehatan


kelas Perawatan untuk Pekerja Penerima Upah Non Pegawai Pemerintah :
Kelas Perawatan BPJS Kesehatan


Demikian penjelasan singkat mengenai BPJS Kesehatan, Jika artikel ini bermanfaat untuk anda mohon share ke sosial agar bermanfaat untuk orang lain.

Update : Penyesuaian Kelas Rawat Terkait permberlakuan Perpres 28 Tahun 2016 diberlakukan mulai 1 April 2016
 
Menjadi :
Batasan paling tinggi dari Rp. 4.725.000 menjadi Rp.8000.000
  1. Gaji < Rp. 4000.000 memiliki hak ruang perawatan kelas II
  2. Gaji > Rp. 4000.000 s/d Rp. 8000.000  memiliki hak ruang perawatan kelas I
  3. Bagi peserta PPU selain penyelenggara negara dan PPNPN yang dirawat sebelum tanggal 1 April 2016 masih berlaku ketentuan yang lama 

Kuliah Sambil Bekerja Apakah Mungkin?

Kuliah Sambil Bekerja Apakah Mungkin?-Terkadang kita hampir tidak mempunyai waktu untuk mengerjakan kegiatan lain karena waktu kita habis untuk bekerja setiap hari. Mungkin untuk anda yang fresh graduate dan baru kerja pertama kalinya tentus saja tahap berikutnya akan lebih menantang dibanding ketika anda masih kuliah.

Bekerja
Pada tahap awal bekerja banyak sekali hal-hal yang mungkin masih asing yang  belum anda ketahui, untuk itu,adaptasi dilingkungan kerja sangat penting. Seperti  adaptasi dalam hal tingkah laku, cara bekerja, pola berfikir, penerapan nilai kehidupan, sampai adaptasi dalam menentukan tujuan. Semuanya akan terasa sulit pada awalnya, dan banyak yang mengalami depresi karena proses adaptasi tersebut, tetapi anda tidak perlu khawatir, karena stres dapat memacu adrenalin yang  menyebabkan Anda dapat bekerja lebih keras lagi. Artinya, stres membuat akan membuat Anda selangkah lebih maju. Namun banyak yang merasakan gagal yang pada akhirnya memutuskan untuk mengubah arah dengan mencari lain. Tentunya semua pilihan anda yang menentukan.

Setiap harinya anda mengerjakan rutinitas kerja yang begitu padat,sangat wajar jika anda berfikiran pengetahuan yang anda dapatkan saat kuliah tidak begitu berguna dalam pekerjaan anda. dengan rutinitas yang anda otak anda menjadi tidak terasah dan tumpul.
 
Apakah anda pernah  berfikir untuk kembali mengasah  keterampilan dan otak anda sambil anda bekerja sama halnya ketika anda berkuliah. Beberapa orang munkin berfikir tidak akan sempat. Waktu anda habis hanya untuk bekerja apalagi kalau anda harus kuliah. Banyak sekali program yang ditawarkan untuk Anda yang ingin melanjutkan kuliah tetapi masih bekerja, seperti kuliah pada hari Sabtu dan Minggu, master degsree rutin hari Senin sampai Sabtu, dan masih banyak lagi penawaran lainnya. 

Baca Juga:
5 Tanda Anda Harus Segera Ambil Cuti
5 Tanda Interview Kerja Gagal
3 Cara Menghadapi Musuh /Hatters di Tempat Kerja
5 Cara Menghadapi Persaingan/Kompetisi Kerja yang direkomendasikan


Sebelum anda memutuskan untuk kuliah sambil bekerja anda perlu memikirkan hal-hal berikut ini:

Biaya yang akan anda keluarkan tentu akan banyak. Hitunglah biaya perkuliahan yang akan dikeluarkan,hitungkan juga mengenai biaya transportasi dan makan. Kemudian berhematlah untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

Ketahui birokrasi di perusahaan anda

Jika Anda adalah karyawan yang baru bergabung dengan perusahaaan tersebut, akan lebih baik tunda terlebih dahulu niat anda untuk kuliah karena biasanya perusahaan akan menilai kinerja anda dalam beberapa bulan kedepan, jika anda sering izin untuk kepentingan kuliah, tentu itu hal yang buruk dimata perusahaan.

Atur Waktu

Anda harus pandai dalam hal mengatur waktu antara pekerjaan dengan tugas-tugas kuliah. Rencanakan dan buat jadwal sebaik mungkin. Biasakan di dalam diri anda anda harus terbiasa bekerja keras, karena kuliah adalah sebuah investasi untuk itu jangan sesekali sia-siakan waktu Anda untuk sesuatu yang tidak penting.

Ambil Keputusan

Yakinkan diri Anda bahwa pekerjaan dengan tugas-tugas kuliah dapat diatur sedemikian rupa agar tidak bentrok. Jika anda tidak yakin, sebaiknya Anda segera memutuskan apakah akan tetap bekerja atau kuliah. Keduanya sama pentingnya, jika keputusan akhir anda harus berhenti bekerja untuk menyelesaikan kuliah, maka tidak perlu anda sesali karena kuliah juga adalah aset untuk hidup Anda. Setelah selesai kuliah  kejarlah ketinggalan Anda.  Jika menurut Anda  pekerjaan lebih penting, maka buat keputusan untuk melanjutkan kuliah, terkadang kita tidak bisa melakukan satu pekerjaan secara bersamaan.

Tips Diterima Kerja dalam Hitungan Menit

Kerja
Judulnya sungguh bombastis bukan Tips Diterima Kerja  dalam Hitungan Menit, yang dimaksud Hitungan menit adalah luangkan waktu anda untuk membaca tips berikut beberapa menit. Langkah awal agar berhasil mendapatkan pekerjaan adalah dimulai dari membuat CV anda agar mendapat perhatian dari  HRD. CV yang anda kirimkan ke perusahaan harus dapat menggambarkan bahwa anda adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut. Tidak hanya CV, surat lamaran , cara berinteraksi saat diwawancara, sampai hobi pribadi anda pun akan menjadi pertimbangan pihak perusahaan dalam merekrut karyawan. 

Tips Diterima Kerja dalam Hitungan Menit

Baca Juga : 
5 Cara Menghadapi Persaingan/Kompetisi Kerja yang direkomendasikan
3 Cara Menghadapi Musuh /Hatters di Tempat Kerja
5 Tanda Interview Kerja Gagal
5 Tanda Anda Harus Segera Ambil Cuti

Curiculum Vitae-Step pertama yang menentukan

Perlu anda tahu puluhan atau bahkan ratusan CV yang masuk ke bagian HRD pada saat proses perekrutan, dan HRD hanya akan melihatnya dalam waktu beberapa detik saja, setidaknya itulah pengalaman pribadi saya dibagian HRD. Langkah pertama untuk mempromosikan diri anda adalah melalui surat lamaran dan CV yang anda kirimkan. Upayakan untuk membuat kedua dokumen ini terlihat baik dan profesional yaitu dengan cara menggambarkan secara rinci riwayat pekerjaan anda, kemampuan yang anda miliki, dan kualifikasi yang sesuai kriteria lowongan. Tingkatkan kesempatan anda untuk dipanggil ke tahap berikutnya dengan cara membuat CV yang sesuai dengan kualifikasi lowongan kerja yang ditawarkan. Surat lamaran kerja dipergunakan untuk membantu anda menjelaskan secara jelas apa yang telah anda tulis di CV.
 

Penampilan Saat Wawancara

Kesan pertama akan sangat menentukan pada saat wawancara kerja. Salah menggunakan pakaian atau pakaian anda tidak rapi akan memperngaruhi penilaian  pewawancara terhadap anda hanya dalam hitunga detik saja. Perhatikan hal-hal berikut agar wawancara berjalan dengan lancar.

Sepatu

Gunakan sepatu yang bersih dan tidak berdebu atau kotor. Pilih warna hitam atau warna yang netral seperti abu-abu atau bisa juga biru dongker. Untuk kaum pria, usahakan untuk menggunakan sepatu yang senada dengan warna keseluruhan pakaian anda. Sedangkan untuk para wanita, gunakanlah sepatu yang menutupi jari kaki dan apabila anda memutuskan untuk menggunakan sepatu berhak, pilihlah yang tingginya tidak lebih dari 3 inci agar tidak sulit untuk berjalan.

Perhiasan

Pria sebaiknya cukup  memakai jam tangan atau cincin pernikahan sebagai perhiasan. Sedangkan untuk wanita usahakan untuk tidak berlebihan dalam menggunkan perhiasan. Anting, jam tangan, serta kalung sudah cukup.

Pakaian

Pakaian yang berkerah mempunyai efek yang dapat meningkatkan percaya diri. Apalagi jika pakaian tersebut dipadu padankan dengan setelan blazer yang cocok. Hindari menggunakan blazer berwarna gelap seperti hitam yang dapat memberikan efek terlalu serius. Sebagai pilihan alternatif gunakan warna gelap yang lainnya seperti abu-abu atau biru dongker. Perhatikan juga kerapian pakaian yang anda kenakan. Jangan sampai kusut ataupun kotor.

Tingkah laku

Perhatikanlah segala tingkah laku anda saat wwancara, sekecil apa pun yang anda lakukan, seperti gaya berbicara di telepon dengan staf recruitment, bagaimana pada saat kamu untuk pertama kalinya datang di kantor yang anda lamar, hingga bagaimana cara berjabat tangan dengan pewawancara. Hal sederhana yang kelihatannya tidak begitu penting ternyata sangat bisa menambah atau mengurangi penilaian terhadap anda.

5 Tanda Anda Harus Segera Ambil Cuti

5 Tanda Anda Harus Segera Ambil Cuti

Cuti
Seringkali sebuah pekerjaan menyita waktu kita, apalagi jika target banyak yang belum tercapai. Terlalu fokus dengan suatu pekerjaan  sampai membuat anda lupa waktu juga tidak baik. Kita bukanlah sebuah mesin yang dapat bekerja terus menerus, manusia perlu istirahat dalam melakukan aktifitasnya.

Mungkin ini salah satu saran aneh, namun ada baiknya ketika pekerjaan semakin menumpuk dan anda merasa beban kerja semakin berat dan membuat stres, sebaiknya anda mengambil cuti dan berlibur untuk beberapa saat. Saya bukan menyarankan anda untuk menghindari suatu masalah kerja. Tetapi, dengan berlibur dan ambil cuti untuk beberapa saat dapat mengembalikan tenaga dan fikiran anda sehingga produktifitas kerja dapat kembali maksimal.

Berikut tanda  tanda  anda perlu liburan sesegera mungkin 

Baca Juga:
5 Tanda Interview Kerja Gagal
3 Cara Menghadapi Musuh /Hatters di Tempat Kerja
5 Tanda Anda Harus Segera Ambil Cuti
5 Cara Menghadapi Persaingan/Kompetisi Kerja yang direkomendasikan

Anda merasa pekerjaan tidak habis habis

Pekerjaan yang sedang anda kerjaan seakan tidak ada ujungnya, Selesai dengan pekerjaan yang satu, kemudian pekekerjaan yang lain sudah harus anda kerjakan. Jika hal ini terjadi terus menerus, bisa jadi cara kerja anda sudah tidak efektif dan efisien lagi karena sudah tidak fokus. Mengambil cuti untuk berlibur akan membantu anda mengembalikan konsentrasi kerja sehingga pekerjaan anda dapat dikerjakan secara maksimal.

Mudah Emosi

Mudah Emosi merupakan tanda bahwa tingkat stres anda sudah tinggi. Salah satu penyebabnya adalah pekerjaan yang semakin banyak, suasaa kerja yang tidak menyenangkan, target kerja yang belum tercapai bisa menyebabkan stress. Jika sudah demikian segeralah ambil cuti dan berlibut, jika stresss berlebih dapat menyebabkan penyakit.

Tidak punya waktu untuk melakukan hal yang anda sukai

Coba tanyakan pada diri sendiri kapan terakhir kali anda melakukan hal yang disukai? Jika anda sudah lama tidak melakukan hal tersebut, maka segeralah untuk istirahat sejenak dari segala akktifitas pekerjaan.
Luangkanlah waktu untuk melakukan hal yang anda sukai agar fikiran anda tetap dapat berfikir logis. Ambilah cuti dan gunakan untuk melakukan hal yang anda sukai, dan pada saat anda kembali ketempat kerja dengan penuh semangat.

Mudah Merasa capek

Sama halnya dengan gadget, badan anda juga perlu isi ulang tenaga agar tetap fit dan beraktifitas dengan maksimal. Tentu anda tidak perlu di charge menggunakan charger, namun tubuh manusia perlu diistirahatkan dengan tidur yang cukup. Jika anda merasa lelah terus-menerus, kemungkinan ada sesuatu yang salah dengan tubuh anda. dengan berlibur selama beberapa hari dapat anda pergunakan untuk beristirahat dan memulihkan kondisi mental dan fisik yang sudah terlalu lelah karena banyaknya perkerjaan.

Tubuh Sering Sakit

Sakit kepala salah satu pertanda anda mengalami stress. Jika hal ini amda biarkan terlalu lama, akan membahayakan kesehatan anda kedepan. Apalagi, jika anda sering telat makan, hanya akan memperburuk kondisi badan sehingga rawan terhadap berbagai penyakit. Luangkanlah waktu untuk berlibur. Anda perlu penyegaran untuk agar tubuh anda kembali tampil prima. 

Fokus bekerja memang baik namun jangan sampai melupakan kebutuhan istirahat badan anda jangan sungkan untuk mengajukan cuti dan berlibur supaya pikiranmu bisa kembali fokus saat bekerja. Jika anda terlalu fokus mencari uang yang menyebabkan tubuh anda sakit, justru hal itu bisa mengeluarkan uang lebih bahkan mungkin lebih besar pengeluaran untuk berobat dari pada yang anda dapatkan dengan bekerja.